19 Agustus 2009

4 Sudut Pandang Cinta


Sekian juta bahkan miliaran manusia pasti mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam mengartikan arti dari sebuah kata yaitu Cinta. Sebagian memandang positif pada Cinta dan sebagian lagi memandang negatif untuk Cinta. Perlu sebuah analisa yang objektif untuk mengartikan sebuah Cinta kemudian memproyeksikannya dalam kehidupan pribadi kita masing-masing.

Ada beberapa sudut pandang yang akan saya sampaikan disini berdasarkan kategori usia seseorang tentang arti sebuah Cinta, yang pertama anak-anak, kedua remaja, ketiga dewasa dan keempat orang tua.


Anak-anak

Dari sudut ini saya berpendapat bahwa cinta adalah kesenangan pribadi mereka tanpa adanya batasan atau aturan yang menghalangi kecintaan mereka. Cinta bagi mereka adalah memiliki semua yang mereka inginkan, jauh dari hal-hal yang mereka takutkan, misalnya mereka menginkan satu mainan yang akan membahagiakan mereka, mereka tidak peduli lagi mainan itu cocok atau tidak bagi mereka, mereka takkan berfikir apakah berbahaya atau tidak, mereka tak mau ada aturan, mereka tak mau ditakut-takuti, mereka hanya ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan. Begitu juga halnya jika mereka menginginkan satu makanan atau minuman atau mereka ingin pergi ke suatu tempat, semuanya adalah hal yang menurut mereka akan membahagiakan mereka.

Cinta kedua mereka adalah ayah bundanya atau orang-orang yang sangat dekat dengannya yang mereka percaya akan selalu melindungi mereka dan memberikan apa yang mereka inginkan.


Remaja

Yang kedua ini sudah mulai berubah dalam mengartikan Cinta. Seorang remaja yang normal biasanya akan mulai belajar mencari pasangan yang cocok untuk dirinya, namun demikian bagi seorang remaja pasangan yang cocok tentulah seseorang yang masuk dalam kategori idaman mereka dan biasanya cenderung berlebihan. Jika dia seorang gadis tentulan mendambakan seorang pria yang gagah dan tampan, dan alangkah menyenangkannya jika dia juga seorang yang digemari oleh banyak gadis yang lainnya wah pasti hidup ini akan sangat indah dan menggairahkan. Seorang gadis remaja tentu sangat membutuhkan tempat curhat selain orang tua ya tentu saj itu adalah kekasih pujaan hatinya.

Begitu juga sebaliknya bila dia seorang pria remaja tentunya akan mencari gadis yang cantik lagi seksi, namun bagi sebagian pria remaja faktor sosial tak terlalu dipedulikannya yang penting si gadis adalah miliknya seutuhnya tak ada pria lain dihatinya itu saja sudah sangat membahagiakannya.


Dewasa

Bagi orang dewasa cinta adalah suatu yang sakral, tak mudah mengucapkan kata cinta pada seseorang bagi mereka yang sudah mapan berfikir dan dewasa dalam bertindak. Cinta bagi mereka adalah sebuah anugrah mulia dari Tuhan yang harus dipelihara dan dijaga dengan tanggung jawab. Keseriusan mereka dalam mengimplementasikan cinta yang layak dalam kehidupannya membuat orang-orang dewasa sangat berhati-hati dalam mencintai seseorang dan disinilah kita temukan arti cinta yang beragam. Bagi mereka yang pernah kecewa dimasa sebelumnya maka cinta bisa membuat mereka trauma namun bagi mereka yang sukses dimasa sebelumya, maka cinta adalah sesuatu yang patut dijaga kesuciannya.


Orang tua

Yang terakhir adalah sudut pandang orang tua. Tentulah orang tua adalah orang yang sudah banyak merasakan pahit, manis, asam, garamnya kehidupan di dunia. Mereka sebenarnya sangat tahu apa arti sebuah cinta namun mereka jarang mendefinisikanya dengan kalimat atau kata-kata mereka akan mengartikan cinta dengan perbuatan, perhatian dan tingkah laku secara langsung dan yang seperti ini akan sangat terasa lebih tulus bagi yang dicintainya. Cinta orang tua biasanya berbentuk suatu perlindungan dan penyelamatan bagi orang yang dicintainya dan biasanya adalah anak cucu mereka bahkan mereka akan rela berkorban untuk membuktikan cintanya. Inilah cinta orang tua, cinta yang tulus tanpa pamrih, cinta yang seharusnya diartikan oleh kata Cinta.


By : Mr. Redja

~Cafe Cinta 99~

0 komentar:

Posting Komentar